Deputi Kemenko Perekonomian Kunjugi Kelompok Tani Pisang Cavendish di Pangkep

oleh -1041 Dilihat
Insannews
banner 1000250

INSAN.NEWS || Pangkep – Deputi Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Dr Ferry Irawan melakukan kunjunga ke kelompok tani Ale Karajae di Desa Padang Lampe, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep, Jumat (2/8/2024).

Pada kesempatan ini, Ferry Irawan menyampaikan bahwa pihaknya menyiapkan program kredit usaha rakyat untuk kelompok tani yang ada di Pangkep.

“Kita punya program, yakni program kredit usaha rakyat (KUR-red), program pemerintah yang kita laksanakan, yakni bunga yang murah karena kita subsidi, kemudian kita harap pelayanannya (pinjaman) dengan cepat” kata Ferry ke media ini.

Ferry juga mengungkapkan, pihaknya mensupport program prioritas pemerintah provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) dalam pembiayaan pengembangan pisang Cavendish.

“Kita bekerjasana dengan Pemprov Sulsel untuk mensupport program prioritas Pemprov Sulsel, yaitu pengembangan pisang Cavendish, kita support dalam asas pembiayaannya,” terang dia.

“Makanya kami ajak juga stakeholder kami yang memang di KUR, ada penjamin, yaitu PT Jamkrindo, ada juga bank penyalur, salah satunya adalah Bank Sulselbar,” tambah Ferry.

Lanjut dikatakan, melalui program kredit usaha rakyat ini, pihak Kemenko Perekonomian mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

“Kami harapkan program ini bisa berhasil, sehingga bisa menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi di Sulsel. Kami dari KUR siap support itu dengan stakeholder yang ada di Sulsel,” harap Ferry.

Baca;  Kena Skorsing Sewenang-Sewenang, Ketua DPC PERMAHI Makassar Akan Tempuh Upaya Hukum

Selain itu, Ferry berharap, kedepan penyedia KUR yang mengsupport kegiatan ini tidak hanya dari Bank Sulselbar.

“Hari ini hanya Bank BPD yang kami harapkan, kalau di program ini berhasil dan hasilnya bagus, kami harapkan bank-bank penyalur KUR lainnya turut berpartisipasi,” ujar dia.

Pada Januari 2025 mendatang, kata Ferry, kelompok tani Ale Karajae Desa Padang Lampe direncanakan melakukan panen pisang Cavendish.

“Baru musim tanam, masa umurnya masih lima bulan. Harapannya di Januari, kelompoknya bisa panen bareng-bareng. Program ini kami monitor untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana,” pungkas Ferry.

Sekadar diketahui, pada kunjungan kali ini, Ferry Irawan menggandeng PT Cipta Agri Pratama dalam pengembangan pisang Cavendish di Kabupaten Pangkep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *