Gelar Musrenbang Desa ; Kades Bonto Matene Berharap Semua Program Bisa Memacu Perkembangan Desa

oleh -134 Dilihat
IMG 20230726 WA0019
banner 1000250

Insan.News || Bulukumba – Pemerintah Desa Bonto Matene Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDESA) Tahun Anggaran 2024 di Desa Bonto Matene, Dusun Batu-Batu No. 1 Bulukumba, Rabu 26/07/2023.

Acara yang digelar di Aula Kantor Desa ini mendapatkan apresiasi dan semangat dari warga, melihat banyaknya usulan-usulan dari masyarakat yang mengarah pada pengembangan pembangunan desa khususnya di bidang pertanian.

“Di desa kita ini mayoritas petani sehingga kami sangat bersyukur jika pemerintah Desa Bonto Matene mau memperhatikan seluruh usulan dari warganya”, Ucap Salah satu peserta Musrenbang Desa yang direspon langsung oleh Penyuluh Pertanian

Dari 5 Bidang yang menjadi fokus untuk pengembangan desa. Beberapa program bidang pembangunan antara lain perintisan jalan tani, pengadaan sumur bor, drainase, irigasi, gapura batas desa menjadi perhatian khusus pemerintah Desa Bonto Matene.

“Dari hasil musyawarah bersama RK/RT dan Kadus, ada beberapa rencana pembangunan yang menjadi usulan utama antara lain Perintisan Jalan Tani, Pengadaan Sumur Bor, Drainase, Irigasi, Gapura Batas Desa, dan beberapa usulan yang lainnya”, Tutur Kepala Desa Bonto Matene Bapak Syahiruddin.

Sebelumnya pada hari senin (24/07) turut hadir dalam Musyawarah Desa tersebut Ibu Barlian, S.T dan Mudassir selaku pendamping desa dari P3MD, yang menyempatkan diri memberikan arahan-arahan terkait prosedur pengusulan dan prioritas pembangunan desa.

“Selain kegiatan yang dianggarkan melalu ADD, BDD dan BHP, pemerintah desa juga penting untuk memperhatikan 3 bidang yang dipersiapkan untuk Renja Kabupaten”, Ucapnya Barlian S.T.

3 Bidang usulan yang dipersiapkan untuk Musrenbang Kecamatan yaitu Bidang Pertanian dan Peternakan, Bidang Sosial Budaya dan Bidang Ekonomi.

Baca;  Kepala Desa hingga Dusun Mulai Dikumpul, Diduga Soal Dukungan Calon Pilkada Bulukumba

“Perihal pertanian dan peternakan adalah salah satu prioritas pemerintah desa mengingat mayoritas warga masyarakat Desa Bonto Matene adalah petani”, Tambah Bapak Syahiruddin.

Dalam visi-misi Kepala Desa Bonto Matene juga menjadi prioritas adalah menjadikan Desa Bonto Matene menjadi Desa Digital. Mengingat perihal jaringan selaku pendukung utama dalam pengembangan desa khususnya Bonto Matene.

“Cita-cita kami adalah Bonto Matene sebagai Desa Digital dan Desa Wisata, dengan status desa Bonto Matene Sebagai Desa Maju dan tetap optimis menjadi Desa Mandiri sebagai cita-cita bersama seluruh desa di Indonesia”, Ungkap Rasul Dafid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *