HMI Cabang Makassar Tegaskan Bawaslu RI Wajib Transparansi dan Independen

oleh -139 Dilihat
IMG 20221015 WA0003
banner 1000250

Insan.news || Makassar – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Makassar, Muhammad Arsy Jailolo tegas pada Bawaslu RI agar transparansi dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024, salah satunya dalam perekrutan pelaksana panitia pengawas kecamatan atau panwascam. Dalam rekrutmen selama tanggal 14 sampai 16 Oktober 2022 ini.

HMI Cabang Makassar Tegaskan Bawaslu RI Wajib Transparansi dan Independen

Pasalnya, Indonesia merupakan negara hukum yang menjunjung tinggi Demokrasi sebagai pelaksanaan negara, konstestasi 2024 akan segera bergulir.

Sesuai amanat Undang -Undang Nomor 17 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pemilihan Umum dan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Kepala Daerah. Tahun 2024 adalah tahun penentuan sikap politik rakyat Indonesia menentukan Pemimpin bangsa, wakil rakyat, dan pemimpin daerahnya masing -masing.

“Harusnya dalam proses penyeleksian para panwascam di daerah tetap mempercayakan prosesnya kepada Bawaslu di daerah masing-masing, karena perwujudan Demokrasi juga berada dalam penilaian tim Pansel di setiap wilayah Kabupaten kota yang lebih faham secara karakteristik kultural para pendaftar dan notabenennya penduduk Kabupaten kota setempat”, sesal Arsyi, sabtu (15/10/2022).

“Intinya Undang-undang harus dilaksanakan, tanpa mencederai nya. Transparansi rekrutmen adalah langkah pasti yang harus dilakukan Bawaslu RI, dan melaksanakan kebijakan dalam rekrutmen harus independen dan tidak membawa kepentingan golongan, demi terciptanya penyelenggaraan pemilu dan pilkada yang sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945”, tegas Asryi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *