Isu Paket Prabowo Ganjar, Jokowi: Kebetulan Beliau ikut Ke Jateng

oleh -1122 Dilihat
oleh
insan.news
Foto Ilustrasi Pasangan Ganjar - Prabowo di Pilpres 2024
banner 1000250

Insan.news || Jakarta – Presiden Jokowi mengajak Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo panen raya di Kebumen pekan lalu.

Baik Prabowo maupun Ganjar diketahui dua nama bakal Capres yang memiliki elektabilitas tinggi di berbagai survei.

Spekulasi bermunculan, Jokowi dianggap ingin duetkan Prabowo dan Ganjar di Pemilu 2024.

Jokowi pun menjawab soal itu. Jokowi mengatakan, momen Prabowo dan Ganjar di Desa Lajer, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, hanya acara panen raya di sawah.

“Itu panen raya di sawah. Kebetulan Bapak Prabowo mau ke Magelang, saya ajak bareng. Sudah bareng, turun di Kulon Progo. Karena pertemuan bapak Prabowo-nya siang, sudah ke sawah dulu kita panen raya. Ada saya, ada Bapak Ganjar ada Bapak Prabowo, gitu saja,” kata Presiden Jokowi usai meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar, Bali, pada (13/3).

Soal Paket Pilpres,  Apakah Prabowo capres dan Ganjar cawapres. Atau sebaliknya. Jokowi jawab singkat dan tegas.

“Iya ideal semuanya,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan, kursi calon presiden harus dari PDIP.

Hasto mengatakan, dalam penjajakan kerjasama Pilpres 2024, PDIP akan mengambil inisiatif kursi calon presiden untuk partai berlambang banteng ini.

“Ya penawaran kerja sama tentu saja dalam rangka calon presiden, berasal dari PDI Perjuangan,” kata Hasto dalam keterangannya, Senin (13/3).

Untuk kursi calon wakil presiden berasal dari konfigurasi politik kerjasama antar partai. Harus ada kesepakatan bersama-sama dengan koalisi.

“Artinya harus disepakati bersama-sama, oleh partai politk yang membangun kerjasama tersebut, mengingat calon presiden dan calon wakil presiden diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik,” jelas Hasto.

Sesuai dengan amanat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa kursi calon presiden harus dari PDIP. Sebab, PDIP sudah melakukan proses kaderisasi secara sistemik, dan melakukan penugasan terhadap kader partai baik di tingkat nasional maupun daerah dalam perspektif ideal.

“Partai mengusung calon presiden dari kader internal partai, itulah yang diperjuangkan oleh PDI Perjuangan,” ujar Hasto.

Hashim menegaskan, Prabowo tidak mungkin menjadi calon wakil presiden. Dibandingkan Ganjar, Prabowo jauh lebi senior dan berpengalaman.

“Saya kira sudah tidak mungkin kalau pak Prabowo calon wakil presiden. Pak Prabowo jauh lebih senior, 15 tahun lebih tua pengalamannya berbeda kan,” ujarnya.

“Saya kira kalau pak Ganjar mau ikut, mau diduetkan dengan pak Prabowo saya kira kami terbuka, pak Prabowo terbuka (Ganjar) sebagai calon wakil presiden,” tegas adik kandung Prabowo Subianto ini.

Hashim mengaku belum tahu apakah sudah ada komunikasi dengan Ganjar terkait wacana duet Prabowo-Ganjar itu. Belum juga ada kesepakatan dengan PKB. Gerindra juga menunggu kesepakatan dengan PKB.

“Kemungkinan itu terbuka kalau pak Ganjar mau jadi tapi harus disetujui oleh PKB. Kan begitu harus disetujui PKB, kami terbuka,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampil akrab saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah. Jokowi juga terlihat melakukan swafoto bersama Prabowo dan Ganjar.

Berdasarkan foto yang dibagikan Sekretariat Presiden, Kamis (9/3), keakraban itu terjadi saat Jokowi meninjau lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Jokowi dan Prabowo terlihat memakai kemeja berwarna putih. Sedangkan, Ganjar memakai seragam dinas Gubernur berwarna coklat. Sesekali mereka terlihat berbicara serius.

Kemudian, suasana menjadi cair penuh tawa saat berfoto dengan para petani di sawah. Jokowi nampak memegang ponsel, kemudian bergantian dengan Ganjar.

Raut wajah para petani pun senang berfoto bersama mereka. Kegiatan Presiden Jokowi di Jawa Tengah pada hari ini adalah meninjau lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *