Komunitas Swabina Pedesaan Salassae (KSPS) Gelar Pendidikan Perubahan Iklim Di Desa Bonto Matene

oleh -2135 Dilihat
Screenshot 20240109 142937
banner 1000250

Insan.News || Bulukumba – Puluhan warga Desa Bonto Matene hadir dalam kegiatan Pendidikan Perubahan Iklim oleh KSPS di Aula Kantor Desa Bonto Matene, Kec. Rilau Ale , Senin 09/01/2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Bonto Matene Bapak Syahiruddin dan dilanjutkan dengan materi oleh Muhammad Ardi Nur, S.Kel, M.Si Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanann (DLHK) Kabupaten Bulukumba.

Dari beberapa poin materi diantaranya efek perubahan iklim mulai dari potensi banjir, longsor, kekeringan, proyeksi kerentanan dalam satu wilayah desa.

“Salah satu penyebab mengapa Perubahan Iklim itu terjadi karena ada gas-gas rumah kaca yang dihasilkan yang menghalangi panas matahari keluar dari atmosfer bumi”, bebernya.

Penjelasan dari tingkatan status Desa Bonto Matene dari dampak perubahan iklim dimulai dari tingkat rendah, sedang dan tinggi.

“Status Desa Bonto Matene yang berada pada jalur DAS Balangtieng untuk kerentanan atau efek negatif perubahan iklim adalah sedang”, jelasnya.

Salah satu dampak perubahan iklim adalah adanya potensi kekeringan dalam suatu wilayah.

“Potensi kekeringan Desa Bonto Matene beberapa titik berpotensi rendah dan sebagian berpotensi sedang, serta beberapa titik berpotensi tinggi”, tambahnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa perubahan iklim terjadi dikarenakan atmosfer bumi terhalang oleh beberapa Zat antara lain, CH4, Metan dari sisa makanan H2O, Uap Air CO2 dari hasil pembakaran plastik, NO2 yang semuanya dihasilkan dari aktifitas keseharian manusia.

Baca;  Pelantikan Anggota DPRD Pangkep Dijadwalkan 28 Agustus 2024

Kepala Desa Bonto Matene menyambut baik acara tersebut dan berharap masyarakat mendapat manfaat serta berperan aktif dalam peningkatan SDM menuju Bonto Matene yang lebih baik dalam menghadapi perubahan iklim.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemateri dan Bapak Armin Salassa khususnya yang turut hadir. Saya kenal beliau sejak lama, mulai dari tahun 90an”, tutur Bapak Syahiruddin.

Turut hadir dalam acara tersebut Dewan pembina KSPS Bapak Armin Salassa.

“Beliau banyak memberikan Ilmu khususnya kami selaku petani alami dan kami sangat berterimah kasih atas kesediannya untuk hadir dalam acara in”, Ucap salah satu warga Bonto Matene

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *