Memacu Semangat Dalam Mengamalkan Agama

oleh -113 Dilihat
Seorang pemuda yang sedang belajar
Belajar
banner 1000250

InsanNews || Dunia Islam – Pesatnya perkembangan teknologi memberikan peluang bagi manusia untuk memudahkan dirinya dalam memahami berbagai hal terutama dalam aspek ilmu pengetahuan, namun hal ini justru memiliki efek yang cukup signifikan dalam mempengaruhi semangat dalam perihal pengamalan Agama terkhusus Agama Islam.

Dalam lingkup Islam ada beberapa gejala yang terjadi terkhusus dalam pemahaman Agama, yakni semangat dalam mengamalkan Agama itu sendiri telah jauh menurun terutama dikalangan pemuda dan mahasiswa Islam Indonesia.

Dengan harapan mampu membangkitkan semangat maka penting kiranya agar kita kembali sejenak untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Agama Islam terutama dalam poin Ibadah.

Salahsatu bahagian ibadah Islam menurut Al-Ghazali adalah Ilmu, yang dimana dalam perihal Ilmu dalam salah satu bab kitabnya saya menguti 3 poin penting yang mesti dipelajari, tentunya merujuk kepada Al-Qur’an, Hadits Rasulullah dan Atsar atau perkataan para sahabat Rasulullah;
1. Kelebihan Ilmu
2. Keutamaan Belajar
3. Keutamaan Mengajar

Dalam bab kelebihan ilmu sendiri telah Allah SWT firmankan dalam Al-Qur’an yang artinya “Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.” Surah Ali Imran Ayat 18. Sementara Hadits yg diriwayatkan oleh Abu Darda’ Rosulullah pernah bersabda; “Isi langit dan isi bumi meminta ampun untuk orang yang berilmu”.

Salahsatu keutamaan orang yang belajar dalam riwayat Imam Ibnu Hibban adalah “Suatu bab dari ilmu yang dipelajari seseorang, adalah lebih baik baginya dari dunia beserta isinya”. Begitupula dengan poin mengajar dengan keutamaannya yang pernah disabdakan oleh Nabi Isa As, “Barangsiapa beriman dan beramal serta mengajar, maka orang itu disebut “orang besar” disegala petala langit “.

Ini adalah satu dari 7 bab dalam kitab Ilmu Imam Al-Ghazali, bab selanjutnya akan saya tuangkan kembali dalam lanjutan tulisan ini. Semoga mampu menambah semangat dalam pengamalan Agama dan dilindungi oleh Allah SWT dari Ilmu yang tidak bermanfaat,amin.

Penilis: Imam Masjid HMI KAHMI Cabang Makassar (Ustad Jabal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *