Meriahkan HUT Ke-692, Bupati Bone Ziarah di Makam Raja Gowa Ke-XVI

oleh -745 Dilihat
HUT
Bupati Bone beserta rombongan menuju Jl. Bonto Biraeng, juga didesa Katangka dalam rangka Napak Tilas ziarah Makam Raja Bone ke XV La Tenri Tatta Arung Palakka Petta Malampe Gemme’na Matinroe Ri Bontoala Rabu, (16/03/2022).
banner 1000250

Insan.news || Gowa – Bupati Bone ,A. Fahsar M. Padjalangi meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bone Ke-692 tahun dengan berziarah makam Sultan Hasanuddin atau Raja Gowa ke-XVI.

Bupati Bone didampingi langsung Ketua Tim Penggerak PKK Bone Hj. Kurniaty A. Fahsar dan Forkopimda Bone ziarah makam Raja Gowa ke-XVI. Ziarah ini merupakan rangkaian peringatan HUT Bone Ke-692 tahun 2022.

Sultan Hasanuddin Raja Gowa ke-XVI merupakan salah satu Pahlawan Nasional asal Sulawesi Selatan di Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Bupati Bone beserta rombongan menuju Jl. Bonto Biraeng, juga didesa Katangka dalam rangka Napak Tilas ziarah Makam Raja Bone ke XV La Tenri Tatta Arung Palakka Petta Malampe Gemme’na Matinroe Ri Bontoala Rabu, (16/03/2022).

Di Kompleks Pemakaman ini, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyambut, langsung kedatangan Bupati Bone beserta rombongan hingga terlihat Keakraban antara Bone dan Gowa.

Dalam sambutan penerimaannya Bupati Gowa, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemkab Bone. Gowa dan Bone ini merupakan satu kesatuan persaudaraan yang tidak bisa dilepaskan dan tidak bisa dipisahkan oleh isu apapun.

“Pak Bupati Bone izinkan saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa menyampaikan Selamat datang di daerah kami yang merupakan tanah kita juga,” ungkap Adnan Purichta ILY.

“Jadi sebenarnya Bapak Bupati juga orang Gowa, orang Bone itu orang Gowa juga, kita bersaudara jadi dalam hal ini saya hanya menyambut bapak sebagai sebuah keluarga bukan sebagai tamu,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi mengaku, dengan adanya makam Raja Bone di Kabupaten Gowa menandakan bahwa tanah Bone dan Gowa memiliki hubungan kekerabata yang erat dan sangat baik serta tidak ada perselisihan.

“Saya mewakili Pemkab Bone serta masyarakat Bone berterima kasih atas perhatian yang luar biasa dari adinda Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, terhadap seluruh kegiatan Kabupaten Bone yang di selenggarakan di Kabupaten Gowa,” kata Andi Fahsar Padjalangi.

Secara khusus, Andi Fahsar Padjalangi menyampaikan juga terima kasih kepada Bupati Gowa Adnan Purichta ILY, sudah berkenan bekerjasama dengan orang Bone di Pemerintahan Kabupaten Gowa.

“Beliau sangat memperhatikan masyarakat Bone yang ada di Kabupaten Gowa. Seperti yang beliau katakan tadi ada 3 pimpinan OPDnya orang Bone. Bantu Bapak Bupati ta’ membangun Gowa “Aja tappakkasiri’ka, (Jaga nama baik Bone),” ucap Bupati Bone dua periode itu.

Rombongan juga, melanjutkan berziarah ke makam Raja Bone Arung Palakka kemudian makam Raja Bone ke XXXII H. A. Mappanyukki, Makam A. Pangerang Petta Rani dan Makam Jendral A. Muh. Yusuf di taman makam pahlawan Panaikang, Kota Makassar.

Kemudian, makam Raja Bone XXII Latemmassongeng Toappawali Sultan Abdul Razak Matinroe ri Mallimongeng dan diagendakan pertama kali Pemerintah Kabupaten Bone serta disambut oleh Asisten I Setda Provinsi Sulsel Andi Aslam Patonangi mewakili Pemprov Sulsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *