Perluas Peran RKDD, Duta Digital Dorong Pembentukan KIM di Kabupaten Pangkep

oleh -35 Dilihat
Screenshot 20240724 234430
banner 1000250

INSAN.NEWS || Pangkep – Salah satu kunci keberhasilan progam Smart Village oleh Kemendes PDTT ialah melalui peran aktif dari anggota dan pengurus Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD).

Keaktifan tersebut tentunya tidak dapat dinilai kecuali melalui apa yang dapat dibaca atau dirasakan oleh masyarakat sehingga dibutuhkan media untuk melakukan publikasi aktivitas RKDD.

Hal ini lah yang kemudian mendorong Duta Digital Pangkep berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Pangkep dengan membentuk Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).

Hal ini sebagai mana yang diinformasikan oleh salah satu Duta Digital Pangkep, Achmad Faisal Rabu, 24 Juli 2024.

“Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) merupakan wadah penyaluran aspirasi serta ruang diskusi Masyarakat di Desa. Terdapat 40 RKDD yang berasal dari 40 Desa lokus program yang telah kami bentuk,” terang dia.

“Ini merupakan bagian dari Program Smart Village atau Desa Cerdas dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Kami sebagai Duta Digital berperan untuk melakukan penguatan kapasitas RKDD tersebut.” tambah Achmad Faisal.

Lanjut dikatakan, sebagai sebuah komunitas Digital, pihaknya menilai ini perlu difasilitasi sebuah website sebagai wadah publikasi.

“Namun karena keterbatasan anggaran di Desa sehingga kami berkoordinasi dengan Dinas terkait sehingga terbentuklah Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) ini,” ungkap dia.

Sebagai bentuk pembinaan dari dinas terkait, Diskominfo SP Kabupaten Pangkep membuat Bimbingan Teknis tentang penulisan berita di Aula Kantor Bupati Pangkep , Senin 22 juli 2024.

Baca;  Alif Fajar Herihanli Palimai Resmi Nahkodai LKBHMI Cabang Makassar

Dikutip dari berita yang dirilis oleh Pangkep TV, kepala Bidang Humas dan IKP Dinas Kominfo SP Pangkep, Edy Suharyadi mengatakan, pengelolaan KIM, ini bersifat mandiri.

“Kami melakukan Pembinaan terkait bagaimana penulisan berita yang baik dan benar sehingga tidak ada lagi berita yang tidak layak untuk di tampilkan. Disisi lain, potensi yang ada di Desa dapat disebarluaskan melalui Masyarakat itu sendiri.” tandasnya.

RKDD dan KIM merupakan sebuah kesatuan yang saling melengkapi dan berperan dalam menyajikan informasi terbaik dari desa serta mempublikaskan potensi Desa menuju Desa Cerdas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *